Selasa, 30 Oktober 2012

Sumber daya manusia

BAB I

PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Pemilihan Judul
Sumber Daya Manusia merupakan proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengendalian atas pengadaan tenaga kerja, pengembangan, kompensasi, integrasi, pemeliharaan, dan pemutusan hubungan kerja dengan sumber daya manusia untuk mencapai sasaran perorangan, organisasi, dan masyarakat. Oleh karena itu manajer harus menjamin bahwa perusahaan atau suatu organisasi memiliki tenaga kerja yang tepat di tempat yang tepat, dan pada saat yang tepat, yang memiliki kemampuan untuk menyelesaikan tugas-tugas yang akan menolong perusahaan tersebut mencapai sarana-sarana secara keseluruhan secara efektif dan efisien.
Manajer harus mempekerjakan orang-orang yang berkemampuan yang dapat melakukan secara tepat dan bertanggung jawab. Menyadari pentingnya sumber daya manusia sebagai aset yang berharga bagi perusahaan, maka suatu perusahaan harus merekrut karyawan yang memiliki keahlian dan keterampilan di bidangnya, sesuai dengan pendidikan yang mereka dapat. Apabila kita kaji lebih jauh bahwa sumber daya manusia saat ini memainkan peran yang sangat penting untuk meningkatkan kinerja suatu perusahaan. Oleh karena itu maka perusahaan harus memperhatikan sumber daya manusianya sejak proses perekrutan sampai penempatan karyawan.
Bagian sumber daya manusia memegang peranan penting pada suatu perusahaan atau organisasi untuk melakukan perekrutan dan penseleksian karyawan. Untuk itu di perlukan perencanaan dalam melakukan penarikan, penseleksian dan pelatihan dengan pengembangan karyawan secara baik untuk memenuhi kebutuhan dan tujuan perusahaan atau organisasi, selain itu juga pihak sumber daya manusia harus mampu memprediksi kebutuhan penambahan karyawan dan memperkirakan berapa banyak tenaga kerja yang akan ditarik pada perusahaan atau organisasi di masa yang akan datang.
Salah satu usaha untuk mendapatkan sumber daya manusia yang berkualitas, adalah melalui proses perekrutan, proses perekrutan atau penerimaan karyawan itu sendiri adalah dengan menggunakan analisa jabatan sebagai acuan dalam menentukan apakah karyawan tersebut diterima atau tidak. Menurut, Yuli (2005:47), bahwa Perekrutan (recruitment) di definisikan sebagai berikut:
“ Penarikan (recruitment) pegawai merupakan suatu proses atau tindakan yang di lakukan oleh Organisasi untuk mendapatkan tambahan pegawai melalui beberapa tahapan yang mencakup identifikasi dan evaluasi sumber-sumber penarikan tenaga kerja, menentukan kebutuhan tenaga yang diperlukan, proses seleksi, penempatan dan orientasi tenaga kerja.”
Perekrutan karyawan merupakan suatu proses mencari, menemukan dan menarik para pelamar untuk dipekerjakan oleh organisasi atau perusahaan. Oleh karena itu di dalam melakukan perekrutan calon karyawan perlu dilakukan dengan sebaik mungkin karena perekrutan tidak hanya memenuhi kebutuhan perusahaan akan tenaga kerja tetapi juga berperan sebagai pendorong dan pelaksana bagi perusahaan atau organisasi dalam mempengaruhi bentuk masa depan bagi perusahaan.
Dalam perekrutan karyawan PT Peraga Lambang sejahtera Palembang belum sepenuhnya berdasarkan atas analisis jabatan yang telah ditetapkan. Hal ini terbukti dengan masih adanya karyawan yang memiliki latar belakang pendidikan yang tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan yang dibutuhkan perusahaan, khususnya pada bagian administrasi dan Logistik.
Perusahaan dalam melakukan perekrutan calon karyawan hanya melihat jika perusahaan membutuhkan karyawan di bagian tertentu, sehingga perusahaan tidak melihat pada latar belakang pendidikannya. Perusahaan beranggapan bahwa perekrutan karyawan tidak sesuai dengan latar belakang yang dibutuhkan tidak akan mempengaruhi pekerjaan karyawan selanjutnya serta latar belakang pendidikan yang terdapat dalam spesifikasi jabatan bukan merupakan persyaratan mutlak yang harus dimiliki karyawan.
Berdasarkan Informasi yang penulis peroleh dari bagian Administrasi PT Peraga Lambang Sejahtera Palembang dalam melakukan perekrutan karyawan, belum berdasarkan analisis jabatan.
1.2 Perumusan Masalah
Berdasarkan data yang penulis dapatkan dari PT Peraga Lambang Sejahtera Palembang , dalam melakukan aktivitas perekrutan karyawan, maka penulis menemukan latar belakang timbulnya masalah dalam melaksanakan kegiatan perekrutan karyawan, sebagai berikut:
1. Pemberian informasi mengenai perekrutan karyawan hanya di sampaikan kepada pihak intern perusahaan.
2. Proses Seleksi dan Perekrutan karyawan hanya dilakukan dengan tes wawancara saja, sehingga perekrutan karyawan belum sesuai dengan spesifikasi jabatan yang telah dibuat.
Penulis menyimpulkan bahwa rumusan masalah penelitian adalah “Bagaimana Usaha-usaha untuk memperbaiki Prosedur Perekrutan Karyawan pada PT Praga Lambang Sejahtera Palembang”.
1.3 Ruang Lingkup Pembahasan
Dalam usaha untuk memperoleh suatu penganalisaan data yang akan dilaksanakan agar tidak menyimpang dari permasalahan yang ada, maka dalam hal ini penulis membatasi ruang lingkup pembahasan masalah yang ada adapun batasan tersebut meliputi
1. Sumber-sumber Perekrutan Karyawan
2. Prosedur Perekrutan Karyawan
1.4 Tujuan dan Manfaat
1.4.1 Tujuan
Adapun tujuan dari penulisan Laporan ini adalah:
a. Untuk mengetahui prosedur rekrutmen Karyawan pada PT Praga Lambang Sejahtera Palembang
b. Untuk mengetahui kendala ataupun hambatan dari prosedur rekrutmen Karyawan pada PT Praga Lambang Sejahtera Palembang
1.4.2 Manfaat
a. Bagi penulis adalah sebagai sarana belajar dalam mempraktekkan pengetahuan yang dimiliki untuk meneliti permasalahan yang timbul dalam manajemen Sumber Daya Manusia.
b. Bagi Perusahaan adalah sebagai salah satu masukan guna mengetahui bagaimana prosedur perekrutan karyawan yang lebih baik dalam upaya meningkatkan kualitas karyawan dalam suatu perusahaan dan mengurangi hambatan dalam pekerjaan.
1.5 Metode Penelitian
Untuk mendapatkan data-data yang lengkap serta sesuai dengan kebutuhan dalam penyusunan Laporan Akhir ini, maka penulis menggunakan metode- metode sebagai berikut:
1.5.1 Ruang Lingkup Penelitian
Penulis melakukan penelitian pada PT Peraga Lambang Sejahtera Palembang yang berlokasi di jalan Kolonel Atmo mengenai Perekrutan karyawan pada PT Peraga Lambang Sejahtera Palembang.
1.5.2 Teknik Pengumpulan Data
Adapun metode yang penulis terapkan dalam pengumpulan data dan informasi adalah sebagai berikut:
1. Riset Lapangan(Field Research)
Dilakukan dengan cara mendatangi Langsung objek penelitian dalam hal ini PT Praga Lambang Sejahtera Palembang. Adapun metode ini terdiri dari:
a. Wawancara
Yaitu penulis datang langsung ke lapangan dan mengadakan Tanya jawab dengan para karyawan PT Peraga Lambang Sejahtera Palembang melalui tatap muka.
b. Kuesioner
Yaitu pengumpulan data dengan cara pemberian daftar pertanyaan secara tertulis kepada karyawan PT Peraga Lambang Sejahtera Palembang. Dalam perhitungan kuesioner digunakan rumus tabulasi, Menurut Supranto, (2003:402) sebagai berikut:
% = x100% keterangan: = Jumlah jawaban
n = Jumlah responden
2. Riset Kepustakaan(Library Research)
Yaitu pengumpulan teori-teori dengan cara membaca dan mempelajari buku-buku atau literatur yang mempunyai hubungan dengan masalah yang di bahas untuk mendapatkan informasi sebagai bahan dasar untuk menganalisa permasalahan yang ada.
1.5.3 Analisis Data
Metode Kualitatif menurut Purwadi (2000:244) adalah data yang bersifat paparan dari berbagai data yang penulis peroleh kemudian menganalisisnya dengan berpedoman pada buku-buku yang berkaitan dengan perekrutan karyawan, tentang sumber tenaga kerja dan prosedur perekrutan dengan persentase jawaban.
1.6 Sistematika Penulisan
Untuk mempermudah dalam penyusunan Laporan Akhir ini, penulis menggunakan sistematika pembahasan yang dapat memberikan gambaran secara garis besar susunan dan isi dari Laporan akan mudah di mengerti dan di pahami sebagai berikut:
BAB I PENDAHULUAN
Pada bab ini penulis akan memberikan penjelasan serta gambaran
permasalahan dari suatu perusahaan sebagai berikut:
1.1 Latar belakang permasalahan
1.2 Identifikasi dan rumusan masalah
1.3 Ruang Lingkup Pembahasan
1.4 Tujuan dan manfaat
1.4.1 Tujuan
1.4.2 Manfaat
1.5 Metode Penelitian
1.5.1 Ruang Lingkup Pembahasan
1.5.2 Jenis dan Sumber Data
1.5.3 Teknik Pengumpulan Data
1.5.4 Analisis Data
1.6 Sistematika Penulisan
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
Dalam bab ini penulis akan menguraikan beberapa teori yang
mendukung pembahasan antara lain:
2.1 Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia
2.2 Pengertian Rekrutmen
2.3 Proses Perekrutan dan Seleksi
2.4 Sumber-sumber Perekrutan Karyawan
2.5 Prosedur Perekrutan Karyawan
BAB III KEADAAN UMUM PERUSAHAAN
Di dalam bab ini akan di uraikan mengenai keadaan umum PT Peraga Lambang Sejahtera Palembang yang meliputi:
3.1 Sejarah Singkat Perusahaan
3.2 Struktur Organisasi Perusahaan dan Uraian Tugas
3.3 Perekrutan Karyawan pada PT Peraga Lambang Sejahtera Palembang
BAB IV ANALISIS DATA
Langkah-langkah penelitian yang penulis lakukan analisis sebagai hasil penelitian meliputi:
4.1 Sumber-sumber Perekrutan Karyawan
4.2 Perbaikan Prosedur Perekrutan Karyawan
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
Pada bab ini penulis akan menarik kesimpulan dari masalah yang dibahas dan penulis juga akan memberikan saran-saran sebagai jalan keluar dari permasalahan yag dihadapi oleh perusahaan yaitu masalah perekrutan karyawan pada PT Peraga Lambang Sejahtera Palembang
5.1 Kesimpulan
5.2 Saran
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
Bagikan Artikel Ini :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar